Tuesday 23 November 2010

Air Terjun Sri Gethuk

Tujuan "Touring" MBBC Berikutnya neh : Air Terjun Sri Gethuk (bukan Air Terjun Pengantin loh...)

Besok tanggal 7 Desember 2010 bertepatan dengan tanggal 1 Muharom/ Sura. Pastinya kita libur neh. Yuk kita ngadain jalan - jalan ke daerah Gunung Kidul. Tepatnya di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunung Kidul, atau sekitar 40 km dari Jogja. Disitu ada air terjun yang ajiibbb katanya, namanya air terjun Sri Gethuk. Weleh - weleh kok kayak nama makanan yang dibikin dari ketela yak. Sri Gethuk merupakan sumber mata air yang terletak di ketinggian sekitar 50 meter.

Gimana temen - temen kita ready ke sana? tak kasih picnya dulu neh biar pada mupeng...(klik yah biar gede)



Hmm.. cari - cari info dulu neh tentang air terjun ini. Konon, katanya seh ya, keberadaan air terjun Sri Gethuk ini merupakan lokasi pasar jin. Di malam-malam tertentu, masyarakat sekitar sering mendengar bunyi - bunyian seperti slompret dari arah air terjun itu. Tapi jika suara itu didekati, suara tersebut akan menghilang. Makanya masyarakat menyebutnya air terjun Slompret.

Warga percaya, gamelan itu dibunyikan oleh para jin yang suka kesenian dan milik dari Angga Mandura, nama dari raja jin Slempret. Terdapat tujuh Gua Tak jauh dari lokasi air terjun Sri Gethuk. Masing-masing gua bernama Rancang Kencana, Ngledok, Dlingsem, Dilem, Song Ngoya, Tunting dan Jati Udeng.

Sedangkan untuk nama Sri Gethuk diambil dari nama instrumen gamelan yang dipergunakan Jin Angga Mandura yakni Kethuk. Untuk itu, hingga kini tempat yang diyakini sebagai lokasi menyimpan gamelan kethuk itu disebut dengan Sri Gethuk.

Owww walah, ternyata Sri Gethuk diambil berdasar nama instrumen gamelannya si Jin toh, jadi bukan berasal dari makanannya si Jin. Hehehe... ^^


sumber inpoh : KR Jogja, Gudeg.net

2 comments:

Anonymous said...

ada yg mau ngajak bareng?

Anonymous said...

mao ikut???ayukkkk..tempatnya ajiibbb neh ^^

Post a Comment