Sunday 28 February 2010

Sekilas Mirota Batik Jogja

About Mirota Batik Jogja

Mirota Batik, Pusat Batik dan Kerajinan. Ya, sebuah gerai batik dan kerajinan ini terletak di tempat yang sangat strategis di Jalan Malioboro. Didepan Pasar Beringharjo dan di samping Gedung Agung. Alamat lengkapnya seh, Jalan Ahmad Yani No. 9. Gerai batik dan kerajinan ini buka pada tahun 1987. Nama Mirota diambil dari nama usaha toko makanan dan minuman orang tua pemilik Mirota Batik, Bpk. Hamzah Sulaiman, tahun1950-an. Yup, Minuman dan Roti Tawar adalah Mirota, hehe aku juga baru tau gak lama ini seh. Bpk Hamzah sendiri seh pernah bercerita kpd saya, bahwa beliau ingin mendirikan sebuah konsep toko belanja sekaligus tempat berwisata yang nyaman dan menunjukkan ciri khas Jawa pada umumnya dan ciri khas Jogja pada khususnya. Sebelum masuk arena toko ada banyak banget pedagang kaki lima berjejer berderet, ciri khas Jogja dan Malioboro. Begitu masuki area Mirota Batik, anda akan disuguhi suasana yang kental banget jawanya. Begitu anda masuk terdengar musik jawa, ibu dan bapak Among Tamu, harum - haruman aroma terapi, dekorasi bunga - bungaan. Yang belakangan mulai ditiru oleh gerai - gerai batik lain.

Papan nama Mirota Batik di atas keramaian orang dan para pedagang kaki lima. Mau nukerin duit asing, ato cuman mau numpang ke toilet juga bisa loh, hehe. Mirota Batik, baek yah...!!

Tragedi Kebakaran Mirota Batik

Eits, sebelum ngomongin tentang Mirota Batik lebih lanjut dan ada apa aja di dalemnya, kita flasback dulu yah. Tahun 2004 Mirota Batik pernah kebakaran loh, semuanya lenyap, abis gak ada sisa. Tragedi naas itu terjadi pada hari minggu 2 Mei tahun 2004 malem jam 21.15 wib. Empat mobil pemadam kebakaran dikerahkan, yakni mobil pemadam dari Pemkot Yogya, PBK dari pabrik gula Madukisma dan PBK dari Pemda Sleman. Saksi mata terutama pedagang kaki lima di Jalan A Yani, Maliboro menyebutkan bahwa api menyala dari arah belakang, tepatnya dari toko Jaya Dewi, setelah itu merembet besar dan melahap kedua toko tersebut. Kerugian ditaksir mencapai 10 Milyar (Mirota Batik doang tuh, Jaya Dewi gak tau dah) wow.

Yuk lanjut lagi. Yup, akhirnya Mirota Batik berdiri lagi, lebih besar dan lebih lengkap, Bapak Hamzah, setelah kejadian kebakaran tersebut, terobsesi membangun tempat wisata belanja kerajinan dan batik yang lebih representatif. Selain bisa menampung lebih banyak barang kerajinan, juga menawarkan berbagai fasilitas yang nyaman bagi pengunjung. Setahun kemudian, obsesi itu terwujud, dengan luas bangunan menjadi sekitar 802.000 m2, terdiri dari empat lantai. Awalnya Bpk Hamzah bermaksud membangun dengan arsitektur menyerupai Candi Borobudur. Tapi karena ada ketentuan harus sesuai dengan kawasan di sekitar, akhirnya jadilah bentuknya seperti sekarang ini.

Pintu masuk ke Mirota Batik tuh. Tapi, buat para copet dan maling gak boleh masuk loh, ntar bisa kesurupan, trus jadi gila. hehe.


Neh, tiap hari Sabtu pagi ampek sore ada show permainan kecapi, sambil nyanyi juga lagu jawa. Kapan lagi nonton konser solo gratisan, hehe. Artis terkenal loh.huhuhu.


Satu lagi neh, ngelestari'in budaya jawa, mbatik. Begitu masuk terus ngeliat orang - orang yang tadi dikasih di atas ntar pesti ngeliat ibu lagi membatik, samping Kassa 6 dan konter Jamu. Ibu ini kerjaannya mbatik terus loh, jago banget dia klo soal batik - membatik kain. Asal jangan suruh membatik badan anda aja alias tatto, hehe, gak bisa mungkin dia. Tapi seru juga kali ya klo badannya tattoannya motif batik. Ayo cintai produk asli Indonesia, Batik, salah siapa coba klo batik sekarang di Hak Patenin sama Malaysia. Males banget deh tuh malaysia ngaku - ngaku panghasil batik, padahal kan negara kita yah, huf. SEMANGAT MBATIK YA BUK!!!Bikin batik yang banyak,wehehehe. Buat apa coba bikin batik banyak - banyak, auk dah.

Oh iya, neh tiap hari Rabu malem ada pertunjukan piano tunggal oleh mas Bagus. Mas Bagus make pakean Jawa, surjan, didampingi mas Agung atau mas Joko yang make baju jawa juga. Tapi disitu mas Bagus lagi ditemenin sama adek kecil, mas Deny/ Jokonya lagi klaut kali yah...!


Lanjut lagi. Kita ngomongin lantai 2 Mirota Batik dulu yuk, tempatnya barang - barang kerajinan dan pernik, murah dan lengkap dari Sabang ampek Merauke. Disini banyak banget barang yang bisa dibeli. Wayang golek (dari Jawa Barat), wayang kulit (dari Jogja aja dan Solo), kerajinan perak (Kotagede pusatnya), sandal, sepatu, tas, miniatur Prajurit Kraton, miniatur Candi Borobudur dan Prambanan, patung - patung keramik maupun kayu, Loro Blonyo (patung sepasang pengantin jawa, terbuat dari kayu maupun keramik), macem - macem alat maenan tradisional, dan masih banyak lagi deh. Buat para calon pembeli dari luar Jogja bisa order barang lewat telpun loh, (0274 - 588524), ato lewat imel, mirotabatikyk@yahoo.co.id, kirim aja disertai dengan pic contoh barang yang pengin dipesan, cutomer service, mas Heru Purwanto ato mas Riyanto,Hermawan, dkk siap melayani anda.





Patung Prajurit Kraton/Aroma Therapy.

*artikel pindahan dari http://cupidokidz.wordpress.com/2009/01/23/mirota-batik-jogja/

2 comments:

Anonymous said...

kalo q pesen via ekspedisi bisa ga?
kmrn tgl 7 nov 2010 q beli coklat monggo, q suka banget, q pengen beli lagi? gmn caranya? q mesti transfer kemana? tq 4 serve

Cupidokidz said...

Pengin pesen?silahkan hubungi via telp. (0274)588524. Pembayaran bs melalui transfer. Trimakasih.

Post a Comment