Saturday 5 June 2010

Jalan Malioboro Bebas Kendaraan Bermotor

Anda tentu tau jalan Malioboro, jalan yang berada di jantungnya kota Jogjakarta, tempat wisaata utama di kota gudheg ini.

Jalan Malioboro merupakan nama jalan di Jogja yang membentang dari Monumen Tugu Jogja hingga ke perempatan Kantor Pos Jogjakarta yang terdiri dari Jalan Pangeran Mangkubumi dan Jalan Jend. A. Yani. Jalan ini merupakan poros Garis Imaginer Kraton jogjakarta.

Di jalan Malioboro terdapat beberapa obyek bersejarah antara lain Monumen Tugu Jogjakarta, Stasiun Tugu, Gedung Agung, Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg dan Monumen Serangan Oemoem 1 Maret.

Jalan ini sangat terkenal dengan para pedagang kaki lima yang menjajakan kerajinan khas jogja dan warung-warung lesehan di malam hari yang menjual makanan gudeg khas jogja. Di Malioboro juga terkenal sebagai tempat berkumpulnya para seniman - seniman yang sering mengekpresikan kemampuan mereka seperti bermain musik, melukis, hapening art, pantomim dan lain-lain.

Hari ini Sabtu, 05 Juni 2010, guna memperingati Hari Lingkungan Hidup Internasional, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Daerah Istimewa Yogyakarta memberlakukan bebas kendaraan bermotor di kawasan Malioboro. Beberapa ruas jalan menuju Malioboro pun ditutup. Penutupan kawasan Malioboro dari kendaraan bermotor di mulai pukul 07.00 - 10.00 WIB dilakukan untuk mengendalikan pencemaran udara di Kota Jogja tercinta ini.

Mengingat tahun lalu BLH DIY juga melakukan hal yang sama di Jalan Ahmad Yani, kegiatan ini cukup efektif menekan polusi udara di Malioboro yang merupakan jalan protokol Kota Jogja. Kegiatan itu rencananya akan dilakukan di kawasan Malioboro secara rutin.

Dalam rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Internasional, BLH DIY juga melakukan uji emisi gratis bagi sepeda motor di Taman Parkir Abu Bakar Ali dan kompleks Kepatihan.

Selain itu, juga dilakukan gerakan cuci tangan bersama di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DIY sebagai pengingat agar masyarakat selalu menjaga kebersihan dan kesehatan, di samping konsultasi kesehatan gratis yang diberikan oleh petugas medis Rumah Sakit Bethesda di depan Gedung Agung. Ada senam bareng - bareng segala loh di depan Gedung Agung. Kegiatan tadi terbuka untuk umum dan tanpa dipungut biaya sebagai bentuk layanan kepada masyarakat kota Jogjakarta.

Ayo kita dukung gerakan ini ya teman - teman, pokoke STOP GLOBAL WARMING!!


Referensi : Antara News, Wikipedia

0 comments:

Post a Comment